Dalam merancang sebuah basis data ada beberapa tahap yang harus dilaksanakan, yaitu sebagai berikut :

Tahap I : Menentukan Kelompok Pemakai

Pada mata kuliah Perancangan Basis Data ini saya akan mengangkat masalah sistem pengelolaan data di kantor perumahan. Alur kerja di kantor perumahan adalan sebagai berikut :

NASABAH membeli RUMAH  yang setelah itu akan dilakukan PEMBANGUNAN. Nasabah bisa mengambil proses pembayaran rumah dengan sistem AKAD KREDIT atau CASH BERTAHAP.

Tahap II : Pengumpulan Data dan Analisa

Data dibagi menjadi 2 jenis yaitu Form dan Report

a. Form dirancang untuk menampilkan field-field yang dibutuhkan dan tabel penjelasannya dalam format tampilan yang lebih menarik. Sebuah form menitik beratkan pada informasi yang dibutuhkan. Fungsi operasinya adalah untuk memanipulasi record, dan secara lebih spesifik untuk memanipulasi data.

Gambar Form Data Nasabah

Gambar Form Pembayaran Nasabah Akad Kredit

Gambar Nota Pembayaran
 

b. Report merupakan fasilitas (dalam Microsoft Access) yang berfungsi untuk mencetak data dalam bentuk laporan. Dengan report, kita menjadi lebih leluasa dalam membuat laporan. Data yang digunakan untuk membuat laporan, dapat berasal dari tabel maupun query.

Cara yang mudah untuk membuat report adalah dengan Create report by using wizard.

Gambar Report Persentase Pembangunan


Gambar Report Pembayaran Nasabah Akad Kredit


Tahap III : Merancang ERD

Berikut rancangan ERDnya :


Keterangan :
  • Entitas (Nasabah) memiliki Atribut/memenuhi persyaratan seperti : Nama, No.Hp, No.KTP, No.NPWP, Alamat Rumah
  • Entitas (Rumah) memiliki Attribut berupa : Kavlingan, No. SHM, Type, Luas Tanah, Harga Jual
  • Entitas (Developer) memiliki Attribut berupa : Nama developer, Pegawai (lebih dari satu), IMB (Izin Mendirikan Bangunan), No.HP (lebih dari satu)
  • Entitas (Bank) memiliki Attribut berupa : Nama Bank, Perbankan, KPR (harga kredit yang diajukan), Cicilan (berupa keterangan jumlah cicilan dan lama cicilan)
Tahap IV : Membuat DataBase

Ada beberapa table yang perlu dibuat untuk membuat database dari data kantor perumahan, diantaranya table data nasabah (Nasabah), Tabel pembangunan, tabel pembayaran nasabah akad (Akad Kredit),tabel pembayaran nasabah cash bertahap (Cash Bertahap), tabel spesifikasi rumah (Rumah), tabel Kavlingan, tabel Jenis Cicilan dan tabel type rumah.

Berikut Relationshipnya :

 









Diposting oleh Unknown on Sabtu, 05 Oktober 2013
categories:

0 komentar

Posting Komentar

Total Pengunjung

Posting Baru

Tentang Saya


Mau buku tamu seperti ini kawan?
Klik ini sini
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Blog templatesFree Web Templates